0

Di kabupaten ane, ,kabupaten yang sangat membanggakan hasil tanam beras organik, sudah menjadi suatu kepastian terbentang beratus bahkan beribu ribu hektar ladang padi. Kebetulan ane ada data cosTaun lalu ada mata kuliah IPL dan kebetulan ane ambil sampel di kelurahan ane sendiri,kecatet ada 222,6150 Ha tanah sawah dan hanya 73,0900 ha tanah pemukiman. Tak heran karena 2000 dari 2800 warga di kelurahan ane adalah petani+buruh tani.

Mereka bekerja dari subuh sampai hampir maghrib hanya untuk mengusahakan sebuah beras yang layak makan dan bernilai jual tinggi, untuk keberlangsungan hidup 4 bulan pasca panen.Keramahan serta senyum mereka ketika berangkat dan pulang dari sawah pun terlihat indah bag pelangi di musim semi #haseeekk. Namun seketika senyum senyum indah yang terpancar itupun hilang, kenapa?? Tak lain dan tak bukan adalah masalah yg selalu harus di hadapi oleh petanidaerah ane setiap tahun,yakni BANJIR karena luapan air dari sungai bengawan solo.



Yaakk.., banjir merupakan masalah klasik sejak dulu, petani dipaksa merugi berjuta juta dan puasa untuk se musim tanam ke depan. Bagaimana tidak?? Padi yang menjadi harapan mereka satu satu nya untuk bisa makan 4 bulan mendatang terendam banjir dan sudah pasti hasil panennya jelek. Dan tragisnya setelah banjir BMKG ato apa lah itu namanya nampang di tipi mengutarakan “kami telah memprediksikan bahwa puncak hujan akan terjadi di pertengahan januari”#kampret lu

Hehh...!! 4 bulan yang lalu kemareaje lu boy?? Kaloaje lu bilang sebelumnya para petani sudah pasti mengajukan tanggal untuk mereka “tandur”. Kalo elu munculnya belakangan kaya gini?? Gunane pemerintah bayar elu tuape??trus pasca itu pemerintah juga seenaknya aja impor beras dari negara lain yang harganya lebih murah serta kualitasnya sudah pasti di atas padi kami yang terendam banjir.benerbener g pake otak.!#Maaf emosi.

Aku masih merindukan hidup di sebuah negara yang mana petaninya makmur, pejabatnya jujur, badan serta lembaga nya bekerja sesuai kapasitas serta FASILITAS yang telah rakyat beri untuk mereka. BMKG nya juga mengutarakan puncak hujan tanggal sekian puncak badai angin tanggal sekian, diperkirakan akan terjadi gempa tanggal sekian dan sebagainya agar rakyat pun siap dan bisa merencanakan apa yang bakal d lakukan. dan aku juga punya harapan bahwa negara yang aku rindukan itu bernama Indonesia. ^^

....AKU CINTA INDONESIA....

Post a Comment

 
Top