28
Halo, udah sebulan ni ga posting lama banget ya? maklum gue lagi sibuk hehehe. nglanjutin postingan tentang pendakian gunung, sebelumnya udah bahas merbabu dan lawu, sekarang saatnya mbahas gunung yang baru pagi tadi erupsi yakni merapi. gunung merapi yang memiliki tinggi 2968 mdpl ini merupakan gunung yang menurut gue sangat terkenal, ga ada kan dari kalian yang ga kenal almarhum mbah marijan? ya beliau lah orang pertama yang terlintas di fikiran banyak orang ketika mendengar kata merapi. selain karena mbah marijan gunung ini konon katanya merupakan gunung berapi yang paling aktif yang ada di Indo (ato mungkin malah se asia ya?). seperti yang gue bilang diatas kalo merapi pagi tadi erupsi, dan kabar nya ada 3 pendaki yang sedang melakukan pendakian, sebelumnya mari kita berdoa agar tidak ada korban di merapi kali ini amin.
erupsi 2010 by bang bayu

Yak pendakian terahir ke merapi adalah pendakian bersama temen temen "forum komunikasi pendaki solo raya" ada 9 pasukan yang ikut dalam pendakian kali ini, gue sendiri, benjo, seno, janu, jiwa senja, demeg, dani, dewi dan yang nyusul mas bayu. sesuai judul perkumpulan kami berkumpul di stadion manahan solo, rada telat kumpul pas gue disana sekitar jam 4 sore udah nangkring si seno, dani dan dewi FYI itu pertemuan pertama kita hehehe.
tak lama berselang jam 5 sore kita berangkat menuju basecamp selo, hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di bassecamp yang terletak di kabupaten boyolali, jawa tengah ini. di selo ada dua jalur pendakian dengan dua gunung yang berbeda pula, dari pasar selo belok kanan akan mengarah ke merbabu dan ke kiri akan mengarah ke merapi, dua gunung yang menurut gue romantis, berjejer, selalu akur walo tak pernah bareng #apasih
sesampainya di basecamp tak lupa kopi pait dan nasi pun segera kami pesan sekaligus aklimasi dengan suhu yang ada di merapi, sore itu suhu dan angin lumayan bersahabat, ga begitu menyiksa tulang yang udah mulai renta ini #hallah. setelah dirasa cukupkami pun memulai langkah dengan membaca doa semoga diberi keselamatan dari awal sampai akhir pendakian dan tak lupa mengisi penuh tangki tangki air entah tangki botol atau tangki perut, karena diatas kita tidak akan menemui sumber mata air.
New Selo
Jalur pertama yang harus kamu lalui adalah jalur dari basecamp menuju new selo, place tag atau apa ya namanya, seperti holywood gitulah. Jalan aspal dengan tanjakan sekitar 30an derajat ini lumayan bikin lemak lemak yang ada di perut gue rontok hehe. ndak begitu jauh sih bisa dihitung sebagai pemanasan juga, di pos new selo kami disambut bang doel yang lagi ngopi asik disana, ngobrol ngobrol bentar kamipun melanjutkan perjalanan. jalur pertama yang kami lewati adalah jalur perkebunan penduduk sekitar selo, dengan jalan tanah yang ga begitu padet dan berdebah berdebu maksud gue, pas turun jalur ini lumayan asik buat lo lo yang iseng ( lari sambil kaki di hentak hentakin keras) hahaha conto yang tidak baik mohon diabaikan. kalo sore daerah ini juga sering dibuat tempat pacaran gratis pemuda pemudi brondong brinding boyolali dan sekitarnya (pas turun gw gangguin mereka hahaa)
tugu selamat datang merapi
Tak lama berselang kitapun disambut dengan tugu selamat datang dari taman nasional gunung merapi merbabu, dari tugu ini pos 1 tinggal beberapa langkah, kamipun istirahat dan #ududDulu di sini. dari sini di kanan kiri sudah tidak ada lagi perkebunan penduduk yang awalnya mendominasi perjalanan, tinggal pepohonan khas pegunungan yang tumbuh tinggi dan rimbun. Lumayan lah untuk menghalau laju angin, perjalanan dilanjutkan menuju pos I, pos I adalah pos batu belah. Dari sini ada dua jalur yang sering dilewati oleh pendaki, lurus adalah jalur biasa dan ke kiri adalah jalur kartini.

oh uya kenapa disebut jalur kartini, karena jalurnya landai. mungkin karena ini kali ya dinamain jalur kartini kalo curam pasti namanya jalur kartono hahaha. pertemuan kedua jalur ini adalah di pos II. jalur kartini selain memiliki trek yang landai juga dihiasi dengan tanaman yang lebat di kanan kiri yang lumayan membuat kaki lo gatal gatal kalo pake celana pendek, hehehe. sedangkan jalur yang normal adalah jalur dengan bebatuan yang tertata tidak begitu rapi tidak seperti di lawu. dari pos II diperlukan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk sampai di pasar bubrah.
trek pos II
sebelum mencapai pasar bubrah kalo lo mendaki siang, lo bakal disambut pemandangan indah merbabu dari memoriam seorang pendaki yang terletak di gunung merbabu, dari sini spot spot yang indah di sekitar merapi terlihat sempurna, di depan ada puncak merapi yang menjulang di kanan ada merbabu yang say "hai" di kiri ada geger boyo (salah satu pertemuan jalur pendakian merapi dari gunung bibi) dan dibelakang ada kota solo dan gunung lawu yang malu malu bersembunyi dibalik awan.
tengok kanan ada merbabu

tengok kiri ada geger boyo

tengok belakang by mas bayu
tengok depan
kalo lo lagi hoki, lo bakal dapet pemandangan indah dari sisi serong kanan (tauk bener pa ga tuh bahasanya hahaha) akan lo liat gunung sindoro, sumbing, prau dan slamet berjejer rapi seperti anak pramuka. ya menurutku emang disilah tempat paling yahut di merapi, spot paling keren.
by mas bayu

by mas bayu
rombongan gue sampe di pasar bubrah sekitar jam 00.30 ( 4 jam perjalanan) terhitung lamban karena memang kami rombongan siput hahaha. kami buka kompor dan tidur sekitar jam 1.30, tidur 2-3 jam cukup lah untuk mengembalikan stamina untuk bekal summit puncak merapi, kami bangun sekitar jam 4.30 dan langsung persiapan summit puncak untuk mengejar sunrice di puncak. tapi apalah daya lemak menggagalkan saya untuk menikmati sunrice di puncak, alhasil saya pun berhenti di tengah tengah perjalanan summit untuk bercinta dengan matahari pagi itu :)
sunrice
setelah gue rasa cukup, langsung cus ke puncak dan tidak sengaja ketemu dengan mantan kadif due di BEM dulu, ya bang yoga sayang ga poto bareng, kebetulah kami juga memiliki kendala yang sama yakni lemak. jadi kami menikmati pasir merapi dengan timbunan lemak yang ada di tubuh kami hahahaa, waktu pun berlalu mataharipun meninggi dan akhirnya gue sampe di puncak merapi, dulu di merapi ada puncak yang namanya puncak garuda yang hilang setelah erupsi merapi 2010. sekarang tinggal deretan yang langsung menghadap kekawah lah yang dianggap puncak, sangat mudah bagi lo yang mau bunuh diri disini hehe. tolong diabaikan ya? hehehe

narsis dulu sebelum turun
i can touch you! hehe ya emang bener kata bang bayu kalo ndak ada gunung yang lebih tinggi dari mata kaki kita, so mari mendaki gunung #mongopooo . ini saat yang paling gue suka kalo ke merapi, turun dari puncak ke pasar bubrah adalah sensasi tiada tara hahaha, lo bisa prosotan, gulung gulung bahkan bunuh diri di perjalanan turun ini. kalo gue pilih lari larian ga jelas sambil treak treak wuuu wuuuu wuuuu hehehe, kebetulan pas turun gue barenag ama bocah bocah merapi, kalo kalian kemerapi gausah kaget ye kalo pas ndaki di duluin ama bocah bocah kecil anak para porter merapi hehe banyak soalnya di merapi anak kecil yang ndaki gunung, karena deket kali ye?
run run run

bocah merapi by mas bayu

udah gitu aja catatan perjalanan yang kurang jelas kali ini hehehe, sebelumnya aku kenalin nih temen se rombongan dari kiri berkacamata jongkok ada janu, mas bayu, ika demeg, seno, dani, lalu di belakang dengan jaket merah ada jiwa senja, dewi, GUE dan benjo. makasih dah mampir cayooo ^^
Forum Pendaki Gunung Solo Raya
dokumentasi lebih banyak lagi bisa mampir ke album mas bayu -> album FB 

Post a Comment

  1. Kan kan nyesel kan blogwalking punya lu hari T_T

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sampean emang gilak bang hahahaha
      makasih udah diijinin majang poto2 dari koleksi pesbuk sampean ^^

      Delete
    2. sama-sama, senang bisa berbagi...
      next time aku posting sendiri ah di http://ipoktiap.blogspot.com :p
      silahkan mampir di http://ipoktiap.tumblr.com, ada artikel lama ttg Merapi juga, silahkan browse di archive...

      Delete
    3. pastikan dia tetap bersama, https://www.facebook.com/photo.php?fbid=3558570339696&l=4f89b9bb90 ... next trip, masih rahasia :D

      Delete
    4. kalo doi masih bersama saya siap membersamai bung hahahaha
      ayo ngeblog bang
      asik hahaha

      Delete
  3. Naik Merapi memang asyik banget... ngetrek dan cepet nyampe. jadi ga sempat bosen jalan2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget
      cukup 3 jam ngebut udah sampe atap merapi
      pemandangan yang menurut saya waw juga disana ^^

      Delete
  4. Widih pendakian yang seru ^^

    Gunung di Indonesia lagi sensitif ya, kita kembali ditegur oleh alam, semoga semuanya akan baik" saja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin
      smoga smua nya baik2 saja ^^
      kemaren merapi cuma batuk smoga

      Delete
  5. subhanallah, bagus banget pas pemandangan di atas awannya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyyaa mata kaki kita bisa lebih tinggi dari awan ^^

      Delete
  6. Wih, keren euy merapi. Walaupun terkesan 'galak' tapi masih cantik juga ya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik dan ringan gan
      jadi enak kalo lagi pengen nanjak kesana 3 jam udah di atap nya hehehe

      Delete
  7. Foto erupsi paling atas itu keren abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. dan butuh keberanian ekstra untuk memotret gunung meletus seperti ini: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1647073233463&l=6b0ee0910f :)

      Delete
  8. Kereeeeeeeeeen ;____; Entah kenapa malah suka foto yang di tugu selamat datang merapi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehee
      tau tuh foto nyomot dari album nya temenku mas bayu itu hehehe

      Delete
  9. Keren banget ini, bro pernah ke sumatra nggak?
    gunung kerinci gitukan keren :)

    ReplyDelete
  10. Matap bro... kapan-kapan ajak gw juga dong...
    salam kenal ya bro pertama mampir nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh hehehe
      ayok gabung aja kalo mau mwehehehe

      Delete

 
Top